Wednesday, September 20, 2017


Generasi Komputer

A.    Komputer generasi pertama (1946-1959)
Komputer ini memiliki komponen-komponen dari tabung hampa, sehingga ukurannya sangat besar. Pada tahun 1946 ENIAC, yaitu Komputer elektronik pertma di dunia,  dengan bobot mencapai 30 ton, panjang 30 m, tinggi 2,4 m dan bisa membutuhkan daya listrik sampai 174 kw.
Kemudian, pada tahun 1953 IBM701, yaitu komputer komersial berukuran besar komputer gerasi pertama yang paling popular. Beberapa komputer  yang ada pada zaman ini:
1.    Z3 digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali
2.    Collocus berfungsi untuk memecahkan kode rahasia
3.    K omputer  Kalkulator elektronik
B.    Komputer gerasi kedua (1959-1964)
Computer gerasi ini ditandai dengan penggunaan transistor, sebagai kompomen elektroniknya. Sudah menggunakan bahasa tingkat tinggi seperti, Cobol, Fortran, Algol. Mempunyai kapasitas memori utama sudah cukup besar,dan prosesnya pengoperasiannya sudah cepat,  sudah lebih kecil dan hemat biaya.  Beberapa komputer pada zaman ini:
1.    Stretch, dibuat oleh perusahaan IBM
2.    LARC, dibuat oleh Sprery-Rand
3.    IBM 1620 dibuat oleh IBM
C.    Komputer generasi ketiga (1964-1970)
Komputer ini sudah menggunakan IC(Integrated Circuit), pemprosesannya lebih cepat, bentuk fisiknya pun sudah lebih kecil dan mulai banyak bermunculan application software. Dan memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program sekaligus. IBM S/360, komputer gerasi ketiga pertama digunakan pda tahun 1964 untuk aplikasi bisnis dan teknik. NOVA, dikembangkan oleh data general corporation komputer mini 16 bit pertma pada tahun 1969.
D.    Komputer generasi  keempat(1970)
Komputer pada generasi sudah dilengkapi dengan tekhnologi LSI (Large Scale Integration) yang mampu menyatukan ratusan komponen dalam satu chip. Kemudian dikembangkan  komputer Micro yang menggunakan Micro Processor dan Semi Conductor. IBM 370, komputer genersi keempat ini yang pertama adalah Cray 1, komputer  super pertama dan Apole 11, personal komputer pertama.
E.    Komputer generasi kelima (sejak tahun 1990-an)
Komputer generasi ini, menggunakan VLSI(Veri Large Scale Integration), adanya Micro Processor dan semi conductor. Komputer generasi ini jga mengembangkan komputer yang bisa becakap sendiri dengan manusia sehingga bisa meniru  intelegensi manusia. Dan juga kenal dengan sebutan Generasi Pentium. Seolah-olah komputer ini memiliki pikiran sendiri.
F.    Komputer generasi keenam(abad 21)
Generasi ini adalah generasi  Masa Depan yang nantinya dinamakan Tintanium.

0 comments:

Post a Comment