Monday, September 10, 2012


TEORI TIMBULNYA PEMIMPIN YANG BAIK

Penulis disini akan mengemukakan tiga teori tentang timbulnya pemimpin yang baik, walaupun menurut para akhli sebenarnya ada banyak teori .
Tiga teori timbulnya pemimpin yang baik, yaitu : 

1.      Teori Genetitas ( hereditary theory )
Berdasarkan teori ini “ leadership are born ang not made “ artinya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik dibutuhkan adanya bakat-bakat kepemimpinan yang dibawa sejak lahir. Tanpa melalui pendidikanpun orang yang berbakat ini akan menjadi seorang pemimpin yang baik. Teori ini timbul karena adanya fakta dimasyarakat tentang adanya pemimpin yang baik tanpa melalui pendidikan, walaupun pendapat ini setengah benar, artinya ini hanya ada pada organisasi kecil dan kegiatannyapun bersekala sederhana, untuk organisasi yang besar dan telah menggunakan teknologi tinggi dalam kegiatannya tak mungkin lagi dikendalikan oleh orang yang belum pernah memperoleh pendidikan manajement , baik manajemen keuangan ataupun personalia.

2.      Teori sosial
Menurut teori ini “ leaders are made and not born “  ini merupakan kebalikan dari teori genetitas. Menurut penganut teori ini setiap orang dapat saja menjadi seorang pemimpin yang baik, asal saja kepada mereka sebelumnya diberi pendidikan dan pengalaman yang cukup. Teori ini muncul karena adanya kenyataan dimasyarakat bahwa orang yang berhasil menjadi pemimpin yang baik itu adalah orang yang telah memperoleh pendidikan kepemimpinan dan pendidikan lainnya sebelumnya.Misalnya kepala bagian, kepala biro, kepala direktorat, manajer produksi, manajer personalia pada umumnya mereka telah memperoleh pendidikan baik umum maupun pendidikan manajemen, pendidikan teknis yang menyaangkut bidang pekerjaannya. Akan tetapi teori inipun tidak 100% benar karena banyak orang yang telah mendapatkan pendidikan kepemimpinan, manajemen  tidak berhasil menjadi pemimpin yang baik justru dia sebaliknya dapat mengecewakan bawahannya, ia bertindak hanya mementingkan dirinya, dan dan tujuan yang ingin dicapaipun merupakan tujuan keuntungan pribadi. Dan tak menghiraukan adanya kepuasan dan rasa keadilan para bawahannya.

3.      Teori ekologis
Teori ini muncul sebagai reaksi terhada kedua-duanya  teori teori diatas, yang menganggap teori tersebut tidak benar kedua-duanya.
Menurut teori ekologis untuk menjadi seorang pemimpin yang berhasil maka orang tersebut yang pertama saat dilahirkan mempunyai bakat kepemimpinan ( kepemimpinan bakat sejak lahir ), kemudian bakat ini dikembangkan melalui pendidikan dan pengalaman , baru menurut teori ini seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik dan berhasil. Teori ini menggabungkan unsur-unsur yang baik dari kedua teori sebelumnya sehingga penganutnyapun makan bertambah lebih banyak dan menyetujui tentang teori tersebut diatas ini yaitu teori ekologis.

Demikian tip dari saya tentang teori timbulnya kepemimpinan yang baik ..........


0 comments:

Post a Comment