Tuesday, September 11, 2012


TIPE-TIPE KEPEMIMPINAN

Berdasarkan pendapat dari berbagai akhli mengenai cara penggolongan kepemimpinan atau Leadership, ternyata terdapat beberapa perbedaan, disamping ada persamaannya.
1.      Menurut Keith Davis
Menurut K. Devis ada tiga macam kepemimpinan, yaitu :
1)      Authocratie
Ciri kepemimpinan otokratis diataranya adalah menganggap bahwa organisasi miliknya pribadi sehingga dengan demikian ia dapat berbuat apa saja terhadap bawahannya. Dalam tindakannya sering menggunakan pendekatan yang bersifat paksaan dan hukuman , bawahannya dianggap hanya sebagai alat semata-mata , ia tak mau menerima saran dan pendapat bawahannya.

2)      Participative
Ciri kepemimpinan ini menganggap manusia sebagai makhluk yang termulia didunia. Para bawahannya diberi kesempatan untuk berpartisifasi memecahkan masalah-masalah yang timbul dalam lembaganya. Dengan demikian inisiatif dan kreatifitas para bawahannya dapat berkembang . pimpinan senang menerima saran , pendapat bahkan juga kritik dari bawahan, tapi ingat pimpinan jangan sangat menerima pendapat bawahan, pendapat bawahan yang sifatnya merugikan orang lain hendaknya jangan diterima begitu saja ini perlu untuk dikonfirmasikan untuk dapat mengambil keputusan yang terbaik.Pemimpin berusaha untuk mengembangkan kecakapan para pegawai semaksimal mungkin

3)      Free – rain leaders
Ciri kepemimpinan tipe ini ialah ketentuan-ketentuan dibuat oleh para pengikutnya, atasan bertindak hanya sebagai tukang cap aja.

2.      Menurut George Robert Terry
Menurut G.R Terry, kepemimpinan digolongkan dalam enam jenis, yaitu :
1)      Kepemimpinan pribadi ( Personal leadership )
Dalam tipe kepemimpinan ini bila mengadakan komunikasi selalu dilakukan dengan kontak pribadi, perintah, petunjuk, pengumuman selalu disampaikan kepada bawahannya dengan lisan. Bila organisasinya masih kecil ini sangat efektif dilakukan, tapi kalau lembaganya telah besar hal ini tidak lagi efektif dilakukan.
2)      Kepemimpinan nonpribadi ( Nonpersonal leadership )
Tipe kepemimpinan ini merupakan kebalikan dari tipe personal leadership. Komunikasi pada bawahan dilakukan melalui atasannya yang menjadi bawahannya langsung dari pimpinan atau melalui media lain seperti misalnya bahan-bahan tertulis ( papan pengumuman, SMS, surat pemberitahuan ), tipe ini banyak digunakan di lembaga/perusahan besar.

3)      Kepemimpinan otoriter ( Authoritarian leadership )
Tipe kepemimpinan ini sama dengan tipe kepemimpinan authocratic menurut Keith Davis.
Pendapat pribadi dianggap benar dan sangat diagungkan dan harus diikuti oleh bawahan. Dirinya sangat menentukan segala-galanya, nasib bawahan kurang begitu diperhatikan bahkan justru bawahan bisa dijadikan sebagai korban baginya untuk mendapatkan keuntungan atau tujuan yang tersenbunyi yang ingin dicapai oleh  dirinya.
4)      Kepemimpinan Demokratis ( Paternalistic leadership )
Tipe kepemimpinan ini sama dengan tipe kepemimpinan participative menurut Keith Davis. Dalam kepemimpinan ini adakalanya orang keliru penerapannya dengan kpura-puraan atau tipe psiudodemokratis (pura-pura demokratis) tapi sebenarnya adalah otoriter, bawahan seolah olah diberi kebebasan untuk  mengemukakan pendapat , tapi nyatanya hasil akhir yang didapat adalah pendapat pribadinya.

5)      Kepemimpinan paternalistis ( Paternalistic leadership )
Ciri kepemimpinan paternalistis diantaranya mempunyai sifat suka menganggap bawahannya sebagai manusia yang belum dewasa sehingga bersifat terlalu melindungi seperti halnya seorang ayah terhadap anaknya. Jarang ia memberi kesempatan pada bawahannya untuk mengambil inisiatif,  tidak memberi kesempatan bawahannya untuk mengembangkan daya kreasi dan fantasinya, ia selalu mengawasi bawahannya dan besar kecurigaan pada bawahannya untuk berbuat suatu kesalahan, ia kurang begitu percaya pada bawahannya untuk melakukan tugas yang dibebankannya. Ia menganggap bawahan belum bisa melakukan sendiri yang benar secara tepat.

6)      Kepemimpinan bakat ( Indigeneousbleadership )
Tipe kepemimpinan bakat sering timbul secara spontan, tipe ini mudah sekali terlihat dalam bentuk organisasi sosial informal, yang bertujuan tidak mendapatkan keuntungan/benefide. Tanpa ditunjuk dan tanfa dipilih ia mampu menggerakan bawahannya menuju tujuan tertentu. Ia mampu bekerja dengan baik disaat sangat dibutuhkan.
3.      Menueur Dr. S.P. Siagian MPA.
Leadership dalam berbagai bentuk organisasi/lembaga dapat digolongkan menjadi lima, yaitu :
1)      Tipe pemimpin yang otokratis
Tipe ini sama dengan tipe otoriter menurut G.R. Terry

2)      Tipe pemimpin yang Militeristis
Ciri tipe pemimpin militeristis adalah ia memiliki sifat-sifat sebagai berikut : seringmenggunakan sistem perintah dalam menggerakan bawahannya dan sukar untuk menerima kritik dari bawahannya, ia lebih menyukai formalitas yang berlebih-lebihan dan upacara-upacara , ia menghendaki pula adanya disiplin yang tinggi dan mati/kaku untuk bawahannya, hal yang sebenarnya kecil/sepele suka dibesar-besarkan, seolah-olah itu kesalahan yang vatal ini tujuannya supaya ia ditakuti bawahannya atau supaya tampak sebagai orang yang berwibawa dan berpengaruh besar, walaupun sebenarnya kemampuan ia tidak begitu seberapa.

3)      Tipe pemimpin yang Paternalistis
Tipe ini sama dengan tipe paternalistis menurut G.R Terry

4)      Tipe pemimpin yang Kharismatis
Ciri pemimpin tipe kharismatik adalah mempunyai daya tarik yang besar sekali, sehingga biasanya mempunyai jumlah pengikut yang sangat besar sekali dan mempunyai rasa pengabdia dan ketaatan yang tinggi, banyak bawahannya sendiri yang tidak mengetahui mengapa mereka menjadi pengikutnya. Tipe ini biasa muncul tatkala keadaan lagi genting/kritis, disaat masyarakat dilanda kegelisahan/kehidupan yang susah, situasi tidak aman.

5)      Tipe pemimpin yang Demokratis
Tipe ini sama dengan tipe kepemimpinan demokratis menurut G.R Terry
Dari uraian diatas pada dasarnya organisasi/lembaga modern hanya tepat dipimpin oleh orang yang mempunyai tipe kepemimpinan yang demokratis, karena tipe ini mampu menimbulkan partisifasi aktif dari bawahannya menuju pada tujuan yang ingin dicapainya oleh organisasi/lembaga yang bersangkutan.

Nah... nehh.... nohhh.... sekarang bagaimana tipe kepemimpinan para leader yang ada di daerah anda ?
Banyak orang bilang  di kita itu banyak menggunakan tipe kepemimpinan pura-pura demokratis (Psiudo demokratis) , bahkan katanya dalam pelaksanaannya tipe kepemimpinan dikita banyak yang menggunakan tipe kepemimpinan yang bergayakan uang bergoyang !! ada uang segalanya bisa... bisalah aku ... aku berbisa... eh maaf jangan dimasukan dalam perasaan yah. Itumah hanya intermeso aja..

Menurut teori suatu organisasi/lembaga akan bisa mencapai tujuannya secara maksimal bila dalam organisasi itu memiliki apa yang disebut dengan “ Tools of management “ yang tepat dan memadai.
Apakah  tools of management itu ? yaitu : Man, money, method, material, machine, managerial, and market.
Kalau tipe kepemimpinan orang nomor satu di kita menurutku sih , yah... demokratis .... ya .... kharismatik.... ya.. kebapaannya sangat kentel banget.

0 comments:

Post a Comment